Selasa, 19 Oktober 2010

Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer



18 Oktober 2010 2.2 jam 10.40 R 2.1
Bab 1
Pendahuluan

Mengapa Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)

Mekanisme interaksi antara user dengan paket word processing yang banyak digunakan, umumnya berbasis menu dan dikelompokkan untuk merefleksikan fungsi yang dilakukan submenu tersebut. Misalnya, pilihan “Save” dan “Delete” diklasifikasikan sebagai “Operasi file” berada dalam satu kelompok yang sama. Jika user kurang teliti atau tidak sengaja terpilih “Delete” padahal yang dimaskud adalah “Save”, maka akibatnya bisa ditebak. Apalagi ditambah dengan tidak adanya dialog/mekanisme konfirmasi pelaksanaan proses “Delete” atau buruknya desain mekanisme tersebut. Walaupun, akibat dari kesalahan tersebut tidaklah fatal, namun hal ini dapat merugikan bagi user.

Mengapa kesalahan ini masih saja terjadi ?. Padahal komputer diperkenalkan sebagai “user friendly” dan “easy to use”. Apakah si desainer tidak memperhitungkan kondisi yang akan / mungkin dialami user ? atau karena si desainer sudah sangat ahli menggunakan software sehingga tidak memperhitungkan kemungkinan kesalahan yang akan terjadi ?.

Komputer dan peralatan terkait lainnya harus dirancang dengan pemahaman bahwa penggunanya memiliki tujuan atau tugas khusus dan ingin menggunakannya sesuai dengan karakteristik tugas yang akan diselesaikan tersebut. Agar dapat terpenuhi, perancang sistem perlu mengetahui bagaimana bepikir dalam lingkup tugas user yang sesungguhnya dan menerjemahkannya kedalam sistem.

Tidak mudah merancang sistem yang konsisten dan handal yang dapat mengantisipasi semua ketidaktelitian user. Interface bukanlah aspek yang dapat dibuat pada saat akhir, desainnya merupakan satu kesatuan dengan keseluruhan sistem. Desainer tidak hanya memberikan “tampilan” yang “cantik” namun juga harus dapat mendukung pekerjaan yang dilakukan oleh user dan dibuat menghindari kesalahan-kesalahan kecil

Apa itu Interaksi Manusia dan Komputer ?

Istilah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK – Human Computer Interaction / HCI ) baru digunakan secara luas beberapa waktu belakangan ini, namun mengakar dari bidang yang telah mapan sebelumnya. Studi ini telah dimulai dari saat perang dunia kedua dengan munculnya keperluan untuk menghasilkan sistem persenjataan yang efektif sehingga dipelajari interaksi antara manusia dengan mesin. Hal ini kemudian mendorong munculnya ketertarikan para peneliti di bidang ini dan membentuk suatu perkumpulan peneliti bidang ergonomi (Ergonomics Research Society).

Ergonomi menitikberatkan pada karakteristik fisik mesin dan sistem, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kinerja user. Human factor (faktor manusia) meliputi studi tentang manusia dan tingkah lakunya dalam menggunakan mesin, alat-alat teknologi dan sistem dalam menyelesaikan tugas. Kedua bidang ini memperhatikan kinerja user dalam konteks semua jenis sistem, apakah itu komputer, mekanik, atau manual.

Bidang lain yang juga mempengaruhi studi interaksi manusia dan komputer adalah ilmu dan teknologi informasi, yang membahas teknologi dan memperhatikan manajemen dan manipulasi informasi dalam suatu organisasi. 


       Interaksi 
Manusia - Mesin

         +    

    Informasi & Teknologi  
                   
      = 
    Interaksi Manusia & Komputer


IMK melibatkan desain, implementasi dan evaluasi sistem interaktif dalam konteks tugas dan pekerjaan user.

Dalam lingkup Interaksi Manusia dan Komputer, user adalah individual user, sekelompok user yang bekerja bersama, atau juga sekumpulan user dalam suatu organisasi, masing-masing menghadapi sebagian dari tugas atau proses dan berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan menggunakan teknologi. Komputer adalah teknologi dari desktop sampai sistem komputer besar, sistem pengontrolan proses atau sistem embedded. Sistem ini dapat mencakup komponen non komputer, termasuk orang. Interaksi adalah komunikasi antara user dengan komputer, dapat secara langsung (direct) maupun tidak langsung (indirect). Komunikasi langsung melibatkan dialog dengan umpan balik (feedbak) dan kontrol selama pelaksanaan tugas/kerja. Komunikasi tidak langsung dapat berupa background process atau proses batch.

Siapa Yang Terkait Dengan IMK

IMK merupakan subyek multi disiplin yang melibatkan berbagai bidang ilmu. Desainer sistem interaktif yang ideal harus memiliki keahlian diberbagai bidang seperti :
  • • Psikologi dan ilmu kognitif yang memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah.
  • • Ergonomi yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan/karakteristik fisik user.
  • • Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
  • • Ilmu komputer dan teknik rekayasa untuk membangun teknologi yang dibutuhkan.
  • • Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
  • • Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface.
  • • Technical writing agar mampu membuat manual.
  • • Dan lain-lain.
 
Bagaimana konsep dan metode dari seluruh bidang ini dapat memberikan kontribusi dalam perancangan sistem interaktif yang baik ? Mungkin kita harus lebih pragmatis tidak sekedar hanya teoritis. Kita ingin mengaplikasikan konsep-konsep tersebut bukan hanya mendapatkan pemahaman teori yang mendalam. Sasaran kita adalah multi disiplin tapi praktis. Kita berkonsentrasi secara khusus pada ilmu komputer, psikologi dan konsep kognitif dan pengaplikasiannya pada desain. Bidang/disiplin ilmu lainnya sebagai masukan jika diperlukan. 

Sehingga dapat disimpulkan IMK terkait dengan suatu sistem interaksi / interface yang secara artistik baik dan mampu memenuhi kebutuhan tugas user. Dengan kata lain merupakan perpaduan seni dan sains secara menyeluruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Galery Semester

- Pendidikan Pancasila

- Pendidikan Agama (Etika Muslim)

- Matematika Bisnis

- Algoritma dan Struktur Data

- Pemrograman Komputer I

- Bahasa Inggris I

- Elektronika Dasar

- Pengantar Manajemen

- Pengantar Teknologi Informasi

- Konsep Sistem Informasi

- Struktur Data

- Lingkungan Bisnis

- Komunikasi Data

- Bahasa Inggris II

- Teknik Digital

- Organisasi Komputer

- Sistem Operasi

- Statistik Dasar

- Kepemimpinan

- Matematika Diskrit - Mikroprosesor

- Pemrograman

- Tugas Pemrograman

- Pengolahan Basis Data

- Bahasa Inggris III

- Praktikum Hardware / Software

- Jaringan Komputer I

- Komputer Grafis

- E-Commerse

- Praktikum Elektronika Digital

- Jaringan Komputer II

- Manajemen Sains

- Multimedia

- Pemrograman Basis Data

- Pemrograman Komputer II

- Sistem Informasi Manajemen

 Ex-selo Band with girl vocal,and then who is she...?
 


ShoutMix chat widget



free counters
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra | Modif By Sava