Senin, 01 November 2010

Desain Grafik

Pengertian Desain Grafik
  •  Bagian dari interface yang terlihat dan menimbulkan cita rasa.
  •  Sesuatu yang orang lihat pertama kali, dan mneimbulkan kesa serta mempengaruhi tingkat emosi (mood).
  •  Salah satu benutk senu lukis gambar terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan,dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.
  •  Gambar maupun tanda yang dugunakan bisa berupa topografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Desain grafis pada umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lainnya.

Filosofi Desain

  •  Elemen Visual Ekonomi,
  •  Tidak Berlebihan,
  •  Jelas dan Terorganizir dengan baik.
Prinsip Desain Grafik
  •  Metafora (Proses Perancangan Bentuk),
  •  Kejelasan
  •  Konsisten
  •  ALIGNMENT
  •  Kerapatan
  •  Kontras

a. Metafora
Menampilkan dan menggambarkan elemen-elemen (titik, garis, warna, ruang dan tekstur) yang relefan dan dikenali.
  •  Menggunakan dekstop yang berhubungan dengan perancaangan interface (Adobe Photoshop, Corel Draw, Macromedia Flash, dan lain-lain).
  •  Jika menggunakan interface untuk aplikasi penjualan di supermarket, bisa meniru bagaiman orang berjalan mengelilingi toko dengan membawa kereta dorong.

b. Kejelasan
  •  Setiap elemen yang digunakan dalam interface harus beralasan dalam penggunaannya.
  •  Tidak berlebihan.
  •  Adanya ruang kosong (White Sapce).
                 o Memandu mata,
                 o Simetris dan seimbang,
                 o Memperjelas pesan yang diberikan,
                 o Memberikan relax pada mata dalam menatap elemen-elemen saat beraktifitas,
                 o Menawarkan kesederhanaan, enak dilihat, berkelas dan jelas.

c. Konsisten
  •  Konsisten dalam layout, warna, gambar, icon, tipografi, teks, dan lain-lain.
  •  Konsisten pada layar, perpindahan antar layar satu ke layar lainnya.
  •  Konsisten pada desain interface yang dirancang.
  •  Bidang kerja (platform) mempunyai petunjuk tuntunan.


d. Alignment
  •  Dalam dunia barat alignment dari kiri atas
  •  Memperindah tampilan.
  •  Grids.
         o Garis horisontal dan vertikal yang tersembunyi membantu pengalokasian komponen window.
         o Align menghubungkan apapun yang ingin ditampilkan menjadi terhubung
         o Pengalokasian item secara logikal
         o Meminimalkan ju mlah kontrol, dan mengurangi kekacauan atau ketidakrapihan dalam pengetikan.


Penggunaan Alignment
  •  Posisis Alignment : Left. Center, Right
  •  Pilih salah satu
  •  Para pengguna baru sering menggunakan posisi center dalam pengetikan.
e. Kerapatan (Proximity)
  •  Kerapatan item satu sama lain menunjukan keterhubungan antar item.
  •  Adanya jarak menunjukan tidak adanya keterhubungan.

    f. Kontras
    •  Malibatkan user dalam rancangan interface
    •  Menuntun user menelusuri interface
    •  Mendukung semua item (garis, warna, bidang, simbol dan lain-lain) dalam interface
    •  Lebih fokus atau mendukung interface
    •  Membedakan pengendali aktif
    •  Dominasi dengan tujuan untuk menarik perhatian, menghilangkan kebosanan dan untuk memecah keberaturan
    •  Mengevaluasi item apa yang paling penting dalam interface
    •  Menggunakan bidang geometri untuk mendukung keteraturan interface.
    •  
    Elemen Visual Ekonomi
    •  Tidak berlebihan
    •  Meminimalkan border dan outlining yang rumit
    •  Mengurangi kekacauan/ketidakrapihan tampilan
    •  Meminimalkan sejumlah kontrol
    • Teknik Coding
    •  Digunakan sepintas lalu, baik untuk menarik perhatian tapi jarang digunakan
    •  Mengabaikan penggunaan video, baik untuk membuat sesuatu menjadi solid tapi jarag digunakan. Mungkin menarik tapi dapat mengganggu setelah beberapa waktu

    Tipografi
    •  Karakter dan simbol dalam penggunaannya mudah dilihaat dan dibedakan
    •  Menghindari penggunaan Uppercase (huruf besar) pada tiap huruf dalam suatu pengetikan naskah.
    •  Berdasarkan studi ditemukan bahwa penggunaan campuran huruf kecil dan besar mempercepat proses membaca.
    •  Mudah dibaca
    •  Mudah dikenali dengan adanya sekumpulan jenis huruf yang digunakan untuk mengetik sesuaatu naskah/teks.
    •  Penggunaan huruf dalam media terapan media visual
    •  Dalam pemilihan jenis huruf , harus memperhatikan karakter produk yang akan ditonjolkan karakter pasar.


    Galery Semester

    - Pendidikan Pancasila

    - Pendidikan Agama (Etika Muslim)

    - Matematika Bisnis

    - Algoritma dan Struktur Data

    - Pemrograman Komputer I

    - Bahasa Inggris I

    - Elektronika Dasar

    - Pengantar Manajemen

    - Pengantar Teknologi Informasi

    - Konsep Sistem Informasi

    - Struktur Data

    - Lingkungan Bisnis

    - Komunikasi Data

    - Bahasa Inggris II

    - Teknik Digital

    - Organisasi Komputer

    - Sistem Operasi

    - Statistik Dasar

    - Kepemimpinan

    - Matematika Diskrit - Mikroprosesor

    - Pemrograman

    - Tugas Pemrograman

    - Pengolahan Basis Data

    - Bahasa Inggris III

    - Praktikum Hardware / Software

    - Jaringan Komputer I

    - Komputer Grafis

    - E-Commerse

    - Praktikum Elektronika Digital

    - Jaringan Komputer II

    - Manajemen Sains

    - Multimedia

    - Pemrograman Basis Data

    - Pemrograman Komputer II

    - Sistem Informasi Manajemen

     Ex-selo Band with girl vocal,and then who is she...?
     


    ShoutMix chat widget



    free counters
    This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra | Modif By Sava